Recent Articles

Blog Search

Cara Memilih Flashdisk OTG untuk Memindahkan Data dan Menyimpan File di Smartphone

Cara Memilih Flashdisk OTG untuk Memindahkan Data dan Menyimpan File di Smartphone

Flashdisk USB On-The-Go atau disingkat USB OTG memungkinkan penggunanya untuk membaca dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Misalnya, transfer data ke flashdisk OTG dari smartphone dan juga memindahkannya ke laptop, atau sebaliknya.

 

USB On-The-Go menjadikan smartphone sebagai host bagi flash disk yang terhubung, sehingga pengguna bisa membaca ataupun mentransfer file dari flash disk ke smartphone secara langsung tanpa menggunakan perantara PC ataupun laptop.

 

Flashdisk OTG memiliki kapasitas penyimpanan besar dengan bentuk ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa. Flashdisk OTG juga cocok digunakan untuk backup file lagu, video, atau file lainnya dari smartphone kamu yang sudah penuh.

 

Kamu akan menemukan beragam produk dari berbagai merk yang beredar di pasaran. Namun, banyaknya jenis flashdisk OTG dengan berbagai keistimewaannya justru mungkin membuat kamu kebingungan saat ingin membelinya. Oleh karena itu, DiKliKAja akan menjelaskan bagaimana cara memilih untuk memindahkan data dan menyimpan file pada perangkat kamu. Baca selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

 

 Pilih Berdasarkan Tipe USB Port-nya

Pilih Berdasarkan Tipe USB Port-nya

 

Bila kamu sering memindahkan data dari komputer ke perangkat Android, sebaiknya kamu memilih produk flashdisk OTG yang memiliki konektor yang sesuai dengan port pada gadget yang kamu gunakan. Pada umumnya USB yang sering digunakan diantaranya adalah USB standar tipe-A, micro USB tipe-A, atau tipe-B, USB tipe-C, dan USB Lightning. Di bawah ini sekilas penjelasan dari tipe-tipe USB tersebut;

 

  1. USB Standar Tipe-A

USB tipe-A memiliki bentuk persegi dan cenderung lebar. Biasanya, tipe satu ini digunakan untuk menghubungkan periferal seperti mouse dan keyboard ke komputer. Konsol game, televisI, DVD dan Blu-Ray player juga menggunakan USB jenis ini.

 

  1. micro USB Tipe-A / Tipe-B

microUSB merupakan salah satu jenis yang paling banyak digunakan pada smartphone, kamera digital dan PDA. Terdapat jenis dari micro-USB, yaitu tipe-A dan tipe-B.

 

Berdasarkan makeusof terdapat perbedaan pada bentuk dari micro USB ini. Untuk micro USB tipe-A memiliki bentuk persegi panjang yang lebar dan pipih dengan kedua ujung besi yang lurus. Sedangkan micro USB tipe-B kedua ujung besinya memiliki bentuk yang sedikit melengkung. micro USB tipe-A dan micro USB tipe-B banyak ditemukan

 

  1. USB Tipe-C

Jenis USB tipe-C merupakan salah satu jenis USB dengan kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi dan lebih mudah digunakan bila dibanding pendahulunya yakni micro USB tipe-A dan tipe B. Di masa sekarang dan selanjutnya, banyak perangkat yang menggunakan port USB-C ini.

Penggunaan USB tipe-C sudah banyak di aplikasikan di berbagai perangkat, seperti smartphone terbaru yang beredar saat ini. Sebenarnya, masih banyak juga smartphone yang masih memakai port microUSB tetapi untuk beberapa smartphone kelas menengah dan hampir semua smartphone kelas atas sudah menggunakan port USB tipe-C ini.

 

  1. Lightning

Jenis USB lightning memiliki ukuran hampir sama dengan micro USB. Namun, lightning USB dibuat khusus untuk produk Apple sehingga kompatibilitas dari USB ini sangat terbatas, yakni hanya bisa digunakan pada produk Apple yang diproduksi setelah bulan September 2012.

 

 

 Pilih Berdasarkan Kecepatan Transfer

Pilih Berdasarkan Kecepatan Transfer

 

Saat memilih flashdisk OTG, kamu harus mengetahui kecepatan transfer atau pemindahan datanya. Flashdisk OTG dengan kategori USB 3.0 lebih direkomendasikan karena mampu memindahkan data lebih cepat dibanding USB 2.0. Apalagi, USB 3.0 dapat digunakan juga pada komputer atau laptop dengan USB port 2.0. Namun, bila kamu memasukkan flashdisk OTG tipe USB 3.0 ke port 2.0, kecepatan pemindahan datanya akan menurun menjadi secepat USB 2.0 saja.

 

Adapun kecepatan pemindahan data secara berturut-turut adalah seperti berikut:

• USB 1.1 : 12 mbps

• USB 2.0 : 480 mbps

• USB 3.0 : 5 gbps

• USB 3.1 : 10 gbps

• USB 3.2 : 20 gbps

 

Penting untuk diingat, kecepatan maksimum tersebut hanya bisa dicapai bila piranti lunak maupun piranti keras pada gadget dan komputer kamu juga mendukung. Jadi, jangan kaget bila ternyata kecepatan maksimum tersebut jarang tercapai.

 

Pilih Berdasarkan Kapasitas Penyimpanannya

Pilih Berdasarkan Kapasitas Penyimpanannya

 

Salah satu poin penting lain yang harus kamu perhatikan sebelum membeli flashdisk OTG adalah kapasitas penyimpanannya. Bila kapasitasnya terlalu kecil, kamu tidak akan bisa leluasa menyimpan file yang kamu inginkan. Kini sudah dijual flashdisk OTG berkapasitas besar mencapai 256 GB di pasaran. Namun, sebenarnya kapasitas 64 GB atau 128 GB saja juga sudah mencukupi. Karena flashdisk OTG dengan kapasitas besar juga masih memiliki harga jual yang cukup tinggi, jadi sesuaikan juga dengan budget kamu ya.

 

 

Pilih Berdasarkan Desain yang disukai

Pilih Berdasarkan Desain yang disukai

 

Flashdisk OTG yang beredar di pasaran tersedia dalam beragam desain. Ada produk berukuran compact yang sangat mudah dibawa ke mana-mana. Selain itu, kamu juga akan menemukan produk yang desainnya unik dan tidak terlihat seperti flashdisk OTG. Ada pula produk berdesain imut yang pastinya akan disukai para wanita. Jadi, pilihlah produk yang desainnya paling kamu suka!

 

 Pilih Berdasarkan Fitur Tambahan

Pilih Berdasarkan Fitur Tambahan

 

Fitur utama dari flashdisk OTG adalah kemampuannya untuk terkoneksi dengan gadget dan komputer. Kamu bisa memastikan kompatibilitasnya dengan cara mengeceknya di manual penggunaan atau situs resmi produsen flashdisk OTG tersebut.

 

Selain fitur utama tersebut, sebaiknya kamu memilih flashdisk OTG yang memiliki fitur tambahan seperti waterproof, dustproof, atau shockproof. Meski di Indonesia masih jarang ditemui, ada juga flashdisk OTG yang sudah dilengkapi dengan password sebagai sistem keamanan tambahan. Adanya password akan mencegah flashdisk OTG kamu dibuka atau digunakan oleh orang yang tidak berkepentingan.

 

 

KESIMPULAN

Jadi saat memilih flashdisk OTG, disarankan kamu harus memperhatikan tipe USB port-nya terlebih dulu, lalu kecepatan transfer, serta kapasitas penyimpanan yang kamu butuhkan. Perhatikan juga desain dan fitur-fitur tambahan, seperti fitur waterproof, dustproof, shockproof, dan kelebihan lainnya pada produk yang kamu pilih. Dan yang tak kalah penting adalah sesuaikan flashdisk OTG yang ingin kamu beli dengan kebutuhanmu dan budget kamu. Serta perhatikan juga Garansi produk dan layanan dari distributornya ya guys.

 

 

Produk Flashdisk OTG ini dapat kamu beli di website DiKlikAja.com dan official store DiKlikAja seperti di Shoppe, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.

Atau kamu juga bisa datang langsung ke office / toko DiKlikAja.com di Rukan Mangga Dua Square Blok C No.32, Jl. Gunung Sahari Raya No.1, Jakarta Utara, Indonesia, 14420.

Ayo kunjungi website DiKlikAja.com sekarang juga! ;-)

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code