Recent Articles

Blog Search

File Game Sebaiknya di Install di SSD atau HDD?

File Game Sebaiknya di Install di SSD atau HDD?

Ketika kamu memutuskan untuk bermain game di platform PC, tentunya ada beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan. Mulai dari pemilihan jenis platform PC apa yang akan digunakan, apakah itu desktop atau laptop. Setelah itu, pemilihan dalam penggunaan graphics card dan prosesor yang terbaik juga menjadi faktor utama untuk mendukung dalam menjalankan game tersebut. Terlebih lagi game yang kamu mainkan nantinya akan sangat menuntut kebutuhan sistem yang tinggi untuk memberikan tampilan visual yang maksimal.

 

Jika melihat perkembangan PC belakangan ini, para gamer PC tampaknya sudah semakin cerdas dalam memilih beberapa perangkat terbaik untuk mendukung kebutuhan para gamer. Dalam membangun sebuah sistem PC gaming yang kuat, kini bukan lagi soal memilih prosesor dan graphics card terbaik. Sektor media penyimpanan yang digunakan juga kini haruslah tepat.  Pemilihan media penyimpanan berjenis SSD (Solid State Drive) sekarang juga sudah menjadi kewajiban untuk sebuah sistem PC gaming. Beberapa vendor PC ternama bahkan mulai berlomba-lomba menawarkan sebuah sistem PC gaming, baik desktop maupun laptop yang dilengkapi dengan dual storage, SSD+HDD.

 

Ukuran Game Semakin Besar

Ukuran Game Semakin Besar

 

Selain membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk PC gaming, kenyataannya sebuah sistem PC gaming sekarang juga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang luas. Beberapa portal website penjualan game original seperti Steam, Origin dan Uplay, menawarkan beragam game yang memiliki ukuran file game yang semakin besar hingga puluhan, bahkan ratusan GB (gigabyte). Sehingga kapasitas SSD pada sistem PC gaming yang ditawarkan oleh beberapa vendor dirasa kurang mencukupi.

 

Misalnya pada jajaran game populer seperti GTA V, Assassin Creed Origin, Final Fantasy XV, Doom, Shadow of War, Call of Suty, Battlefield dan game lainnya yang biasa dipertandingkan di ajang eSports seperti Counter-Strike: Global Offensive, PUBG, DOTA 2, Fortnite, Overwatch, FIFA 18, PES 18, dan lainnya.

 

Perbedaan signifikan terjadi pada jajaran game populer yang memiliki ukuran file sangat besar. Total keseluruhan dari game populer yang kami himpun membutuhkan ruang penyimpanan 1065 GB atau 1 TB lebih. Dengan ukuran file dari game-game yang semakin besar di atas maka tidak heran akan muncul pertanyaan, game sebaiknya ditaruh di SSD atau HDD? Beberapa gamer PC ada yang memilih untuk menaruh game yang dimainkan ke dalam HDD, dan SSD hanya dijadikan sebagai sistem OS pada PC. Akan tetapi, apakah menaruh game pada HDD merupakan pilihan yang tepat?

 

Loading Game Install di SSD vs HDD

Untuk memberikan gambaran yang jauh lebih jelas kepada kamu mengenai hal di atas, berdasarkan dari beberapa pengujian yang dilakukan beberapa situs yang membandingkan proses loading game dan OS yang ditaruh antara di SSD dan HDD, hasilnya terbukti bahwa SSD mampu mempercepat proses loading time game dan OS dengan hasil signifikan dibandingkan dengan HDD.

 

Oleh karena itu, bisa kita ambil kesimpulan bahwa peranan SSD pada sebuah sistem PC gaming dengan spesifikasi tinggi sangat penting. Sehingga prosesor dan graphics card tinggi yang digunakan dapat menunjukkan kemampuan sebenarnya.

 

Jadi game sebaiknya install di SSD

Jadi Game Sebaiknya Install di SSD

 

Dilihat dari performa yang ditawarkan, SSD memang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan performa pada sebuah sistem PC. SSD tidak hanya mampu mempercepat proses booting, tetapi juga dapat mempercepat proses membuka aplikasi-aplikasi berat, bahkan juga termasuk game.

 

Jadi bagi kamu yang tidak suka menunggu proses loading pada sebuah game, maka game yang kamu mainkan sebaiknya memang ditaruh di dalam SSD. Jika game yang akan kamu mainkan dijalankan melalui HDD, maka HDD akan menjadi kendala dan seolah sistem PC gaming kuat yang sudah kamu rakit menjadi terasa lambat.

 

Sementara di sisi lain, apa yang ditawarkan oleh para produsen SSD terbilang sudah semakin beragam. Kamu bisa menemukan SSD dengan kapasitas yang semakin besar, form factor 2.5” dan M.2 2280, serta dukungan protokol NVMe (Non Volatile Memory Express), teknologi 3D NAND flash, SLC Cache, DRAM Cache Buffer, Perlindungan Data End-to-End, EPC LDPC, dan fitur-fitur lainnya yang sangat ideal untuk semua gamer.

 

Artikel Teknologi SSD vs HDD Gaming

Nah itu dia artikel mengenai game sebaiknya di install di SSD atau HDD. Untuk membeli produk SSD yang berkualitas, resmi, dan terpercaya, tentu saja kamu dapat langsung membelinya secara Online di website DiKlikAja.com atau official store DiKlikAja di marketplace kesayangan kamu seperti di Shoppe, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.

 

Atau kamu juga bisa datang langsung ke office / toko DiKlikAja.com di Rukan Mangga Dua Square Blok C No.32, Jl. Gunung Sahari Raya No.1, Jakarta Utara, Indonesia, 14420.

Ayo kunjungi website DiKlikAja.com sekarang juga! ;-)

Tags: SSD GAME

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code