Recent Articles

Blog Search

Selamat Hari Guru Nasional 2022

Selamat Hari Guru Nasional 2022

Jakarta, Indonesia – 25 November 2022

 

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November, bertepatan dengan ulang tahun PGRI. Guru dianggap memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pengembangan dan pengingkatan kualitas sumber daya manusia.

Pada tahun 2022 ini, Hari Guru Nasional jatuh pada hari Jumat, dan diperingati dengan tema Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar. Dengan tema tersebut, Hari Guru Nasional diharapkan menjadi momen terima kasih dan penghormatan kepada seluruh guru di Indonesia.

Hari Guru Nasional yang juga sering disingkat sebagai HGN. Pemerintah melalui Kemdikbud dalam situs resminya, menyebutkan Hari Guru Nasional ditetapkan pada masa Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994 berdasarkan Keputusan Presiden RI (Kepres) 78/1994. Dalam aturan tersebut diputuskan 25 November merupakan Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional bukanlah hari libur nasional. Akan tetapi, untuk memperingati hari tersebut, Kemdikbud menginstruksikan instansi pendidikan untuk mengadakan upacara bendera untuk menghormati guru-guru di Indonesia yang sudah dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Bukan hanya sebagai Hari Guru Nasional, 25 November juga diperingati sebagai HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejarah Hari Guru

Hari Guru Nasional (HGN) kembali diperingati pada 25 November 2021. Penetapan HGN sendiri berkaitan dengan riwayat berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Melansir laman PGRI, organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang telah berdiri sejak 1912.

Organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Sejalan dengan itu, di samping PGHB berkembang pula organisasi guru baru. Pada tahun 1932, dengan penuh kesadaran, 32 organisasi guru yang berbeda-beda latar belakang, paham dan golongan sepakat bersatu mengubah nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Saat zaman kependudukan Jepang, PGI dilarang melakukan berbagai aktivitas karena segala jenis organisasi dilarang di waktu itu. Setelah Indonesia merdeka pada 1945, Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta.

Dalam kongres tersebut, dibentuklah organisasi PGRI untuk mewadahi semua guru di Indonesia. Puluhan tahun kemudian, pemerintah RI pun menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Keppres tersebut menetapkan berdirinya PGRI sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

 

DiKlikers demikianlah sekilas berita mengenai Hari Guru Nasional. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk kamu. Dan tetap semangat untuk para guru dalam peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Dan jangan lupa, jika kamu ingin membeli produk aksesoris gadget dan komputer yang resmi dan berkualitas, kamu bisa langsung membelinya di website resmi kamiDiKlikAja.com. Atau kamu juga dapat membelinya di official store DiKlikAja seperti di Shoppe, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, JD.id, dan Blibli.

Jika kamu ragu, atau ingin membeli secara offline, kamu juga bisa datang langsung ke office / toko DiKlikAja.com di alamat; Rukan Mangga Dua Square Blok C No.32, Jl. Gunung Sahari Raya No.1, Jakarta Utara, Indonesia, 14420.

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code